Matang Sempurna, Pakai Resep Ini Saat Memasak Mie

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa mie adalah salah satu makanan favorit banyak orang. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa menyukai makanan yang satu ini. Teksturnya yang kenyal dan bisa dimasak dalam proses apapun membuat mie menjadi menu kesukaan di setiap rumah.

Mie sendiri memiliki jenis yang beragam, mulai dari mie instan hingga Mie Shirataki. Tapi, apapun jenis mie yang dipilih, ternyata banyak yang tidak mengetahui cara memasak mie yang tepat agar matang sempurna dan tidak menggumpal. Padahal, cara yang bisa digunakan cenderung mudah. Apa saja? Simak selengkapnya.

1. Masukkan mie saat air mendidih

Banyak yang tidak sabar menunggu air hingga mendidih, padahal hal ini penting dilakukan. Ketika kamu memasukkan mie dalam keadaan air yang belum mendidih, maka mie bisa lebih mudah hancur dan teksturnya terlalu lembut. Sangat penting untuk memastikan keadaan air sebelum memasukkan mie yang akan kamu masak.

2. Perhatikan waktu merebus

Pastikan kamu memperhatikan waktu merebus mie. Jangan merebus mie terlalu lama karena akan membuatnya mudah hancur dan tidak memiliki tekstur lagi. Tapi, jangan juga memasaknya terlalu sebentar karena bisa saja mie tersebut masih keras atau bahkan belum matang. Saat memasak, kamu perlu memperhatikan tekstur mie tersebut. Jika dirasa sudah tepat, kamu bisa langsung mengangkatnya dari panci. Jadi, jangan ditinggal ke mana-mana, ya!

3. Campurkan mie setelah direbus

Setelah mie matang sempurna, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak sayur pada mie tersebut, lalu aduk hingga merata. Hal ini bertujuan agar mie tersebut tidak menggumpal. Kamu juga bisa loh meneteskan minyak sayur pada air yang akan direbus untuk memasak mie tersebut.

4. Rendam dalam air dingin

Jika kamu tidak ingin membuat mie tersebut berminyak, kamu bisa merendam mie yang sudah direbus ke dalam air dingin. Jangan terlalu lama, rendamlah mie dalam durasi satu menit. Setelah itu, tiriskan mie tersebut dan kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan. Mudah, kan?

Selain cara tersebut, kamu juga perlu memperhatikan panci yang digunakan untuk merebus mie. Pastikan panci yang kamu gunakan berkualitas baik sehingga mie tidak lengket dan menempel di panci.

Akan lebih aman jika kamu menggunakan panci stainless untuk memasak mie. Nah, setelah tahu cara-cara agar mie matang dengan sempurna, kamu gak perlu lagi takut untuk memasak berbagai olahan berbahan dasar mie.

Tinggalkan komentar