Yuk Kenali Apa Saja Jenis Vaksin Covid yang Akan Digunakan di Indonesia

Jenis Vaksin Covid yang Akan Digunakan di Indonesia

Covid 19 yang menyerang dunia sejak awal tahun 2020 kini belum menemukan titik terang kapan pandemic ini akan berakhir. Sejak awal kemunculannya, Covid 19 telah merenggut banyak nyawa, karena penyebaran virus ini terbilang cepat sehingga hampir semua negara di seluruh dunia melakukan karantina dan work from home. Pada mulanya tidak ada vaksin Covid yang bisa mengatasi virus ini, tetapi kini sudah banyak perusahaan farmasi yang menghadirkan vaksin versi mereka sendiri.

Corona virus kini telah menemukan titik terang dengan ditemukannya banyak vaksin hasil beberapa perusahaan farmasi besar di dunia. Meskipun belum secara konvensional di pasarkan, tetapi ini merupakan langkah awal untuk mengobati penyakit yang ditimbulkan oleh virus Corona.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang akan menggunakan vaksin-vaksin dari perusahaan luar tersebut. Lalu apa saja vaksin-vaksin tersebut? Apa saja manfaat dan efek sampingnya? Yuk simak informasi berikut ini.

Jenis Vaksin Covid untuk Vaksinasi Virus Corona di Indonesia

Pemerintah Indonesia telah resmi memilih enam jenis vaksin Covid yang akan digunakan oleh seluruh warga Indonesia. Ketetapan ini ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto hari Kamis tanggal 03 Desember 2020, dan tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. H.K01.07/Menkes/9860/2020 yang berisi tentang penetapan jenis vaksin untuk vaksinasi Covid-19. Untuk jenis-jenis vaksinnya, berikut ini adalah informasinya.

⦁ Vaksin Dalam Negeri Merah Putih

Selain vaksin Covid dari luar negeri, ternyata Indonesia juga turut berperan dalam menghasilkan vaksin untuk vaksinasi Corona. Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa vaksin buatan anak negeri ini diberi nama vaksin Merah Putih.

Dan ternyata, vaksin Merah Putih ini dikembangkan oleh enam pihak sekaligus, diantaranya LBM Eijkman (rekombinan), UGM (rekombinan), Unair (adenovirus), ITB (adenovirus), UI (DNA/RNA), dan LIPI (rekombinan).

⦁ Vaksin Asal China Sinovac

Pemerintah Indonesia juga bekerja sama dengan perusahaan luar negeri salah satunya dari China. Perusahaan ini bernama China Sinovac Biotech Ltd, kerja sama ini melalui uji klinis fase tiga vaksin CoronaVac yang juga merupakan vaksin buatan Sinovac yang dilakukan di Indonesia. Indonesia juga akan berperan langsung dalam produksi vaksin tidak hanya mengimpor langsung dari China.

⦁ Vaksin Asal Korea Selatan Genexine

Selain terkenal karena Korean wave atau hallyu wave, ternyata Korea Selatan juga terdepan dalam bidang kesehatan. Korsel berhasil menghadirkan sebuah vaksin bernana Genexine yang juga sudah melakukan kerja sama dengan PT Kalbe Farma. Kerja sama ini dilakukan dengan melakukan sebuah uji klinis vaksin GX-19 yang merupakan buatan dari perusahaan Genexine di Indonesia.

⦁ Pfizer Inc and BioNTech, dan AstraZeneca

Vaksin Covid yang akan digunakan di Indonesia selanjutnya ini adalah vaksin hasil kerja sama antara perusahaan farmasi Pfizer dengan BioNTech serta vaksin AstraZeneca. Meskipun masih belum menemukan titik terang apakah Indonesia akan mendapatkan jatah untuk penggunaan vaksin jenis ini, tetapi Menteri BUMN selaku Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengaku masih mencoba berunding dengan pihak Pfizer atau Cansino hingga AstraZeneca.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai jenis vaksin Covid apa saja yang akan berkembang dan digunakan oleh seluruh warga Indonesia. Jika Anda masih menginginkan informasi lebih lengkap baik itu mengenai vaksin Covid-19 atau informasi kesehatan lainnya, Anda bisa berkunjung ke laman Halodoc. Halodoc adalah salah satu penyedia layanan dan informasi di bidang kesehatan yang akan membantu Anda menemukan banyak informasi kesehatan, dan juga menyediakan layanan chat dengan dokter hingga pembelian obat.


Yuk Kenali Apa Saja Jenis Vaksin Covid yang Akan Digunakan di Indonesia - Atavisme

Belum ada Komentar untuk "Yuk Kenali Apa Saja Jenis Vaksin Covid yang Akan Digunakan di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel